Wednesday, December 26, 2012

Seputar Catering

Bridezillas....


Setelah sekian lama terabaikan blog ini akhirnya semangat lagi bikin entry baru berkat bridezilla grups yang aku bikin 2 bulan yang lalu (isinya bride-to-be yang ikut forum Weddingku aka WK). Gak kerasa tinggal hitungan beberapa bulan lagi jadi wifey from someone *ceileh*, ini dia review our wedd-preparation. Setelah berjibaku dengan gedung, step selanjutnya adalah catering. Catering bisa menjadi salah satu tolak ukur acara pernikahan seseorang sukses atau gak selain gedung dan dekor, karena menurut pengalaman aku yg sering dateng ke nikahan orang pasti yg dinilai pertama gedung in my 1st experience lalu lanjut ke dekor (yayayaaa liat dulu main gate-nya, karpet jalannya sampe pelaminan), selesai yg punya hajat doa pasti langsung nyerbu makanan nah datenglah penilaian atas catering. Pemilihan catering ini gampang2 susah, karena tiap orang pasti punya cita rasa sendiri dan setiap catering punya kekurangan sendiri. Ini beberapa tips general ala Velodi:


  1. Catering tersebut harus punya track record bagus, ntah di dunia maya atau work of mouth (review dari kenalan yang udah pernah pake vendor catering tersebut).
  2. Harus punya dapur sendiri buat aku sih penting banget nih, karena klo dia ambil dari pihak ketiga sepertinya susah untuk dikontrol baik dari rasa ataupun servicenya saat acara. Karena ada beberapa vendor catering punya style jual seperti ini. Benefitnya lagi kalo punya dapur sendiri, kita bisa liat sejauh mana kebersihan dari proses mereka bekerja at least sedikit representatif untuk acara kita misalkan dari kegesitan ataupun kebersihannya.
  3. Kalo mau cari catering yang paketan, perhatikan isi paketannya!. Mereka kasih service apa aja dari gedung sampai foto telusuri vendornya. Bagusnya, dekorasi punya mereka sendiri jadi kita bisa customized desain pelaminan dan dekor gedung sesuai keinginan kita, lainnya adalah kita bisa berbicara lewat satu "pintu' yakni marketingnya. Kalopun ada rekanan vendor lainnya, harus tahu napak tilas atau portofolio desain yang pernah mereka kerjakan.
  4. Cari catering yang marketing care banget sama customer, gak anggap remeh customernya. Kalo dari awal kita udah diremehin sama marketingnya, gimana nanti saat wedding kita ya. Jadi cari yang care sama kita, bagusnya malah yang bisa dibawelin deh :D
  5. Lihat performnya langsung saat nikahan customer mereka, biasanya sih kita-calon customer bakalan diundang sama vendor catering untuk TF dimana mereka sedang tampil dinikahan orang. Ini harus banget hukumnya wajib sebelum kita putuskan vendor catering mana yang akan kita hire untuk acara kita seumur hidup sekali aka wedding. Tipsnya dateng sebelum acara resepsi berlangsung misalkan acara malem jam 7 kita bisa dateng jam set 6, kenapa?supaya bisa lihat gimana tim mereka melakukan distribusi makanan ataupun melakukan dekorasi tahap akhir. Tinggalah sampe 1 jam acara berlangsung jadi kita bisa liat tim catering tersebut melakukan pergantian makanan dan merapikan piring kotor yang bececeran saat acara berlangsung.
  6. Pelajari hitungan porsi buffet dan gubukan yang mereka tawarkan, jangan sampe karena hitungan mereka buat tamu jadi gak bisa makan karena keabisan. Jadi harus jeli memperhitungan jumlah undangan dan makanan yang kita order.
Sekian tips ala velodi, semoga dapat referensi para bride-to-be lainnya dalam mencari vendor catering yang sesuai. Tips yang paling penting sebelum kita melakukan DP, harus terlebih dahulu membandungkan 3 vendor catering atau lebih karena itu bisa menjadi bahan pertimbangan kita. 

xoxo,
Velodi

0 comments:

Post a Comment

Created By Sora Templates